Select Page

SD IT Ukhuwah Islamiyah merupakan suatu lembaga pendidikan yang salah satu programnya adalah pembinaan Al-Qur’an. Alhamdulillah melalui kegiatan ini  Sekolah SD IT Ukhuwah Islamiyah  dapat menjalankan program Tahsin metode Ummi dan Tahfizh Al-Qur’an. Dalam pengelolaannya, SD IT Ukhuwah Islamiyah bekerjasama dengan UMMI Foundation.  Dengan harapan siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan fasih, lancar juga bisa menghafal surat-surat dalam Al-Qur’an.

Sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW, yaitu :

  • Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan sembunyi- sembunyi maupun terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan rugi. (QS. Fathir: 29)
  • “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat menjadi pemberi syafa’at bagi orang-orang yang bersahabat dengannya.” (HR. Muslim)
  • “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia.” Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Para ahlul Qur’an, merekalah keluarga Allah dan orang-orang pilihan-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada orang tua siswa maka sekolah SD IT Ukhuwah Islamiyah mengadakan Khataman dan imtihan metode Ummi. Kegiatan ini berupa Khataman bersama dan Uji publik terkait hasil pembelajaran tahsin metode UMMI, dan Uji Publik terkait hafalan juz 28, 29 dan juz 30.

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. menciptakan asy-syu’ur Al-Qur’ani (perasaan qur’ani) pada peserta,
  2. menanamkan semangat untuk memperbanyak tilawatil Qur’an,
  3. membentuk fikrah untuk menjadi seorang tahfizhul Qur’an,
  4. membiasakan untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an,
  5. mengenalkan waktu-waktu terbaik untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an.

Khataman & Imtihan Metode Ummi, Tahfidz Juz 28, 29, 30 ini bertemakan  “Al Qur’an Penyejuk Hati dan Petunjuk Kebenaran” yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020 di  Aula SDIT Ukhuwah Islamiyah.

Peserta khotaman terdiri dari siswa-siswi kelas 4 sampai kelas 6 yang sudah menuntaskan program tartil, tahfidz juz 28, 29 dan 30. Adapun peserta tartil terdiri dari 23 orang, tahfidz juz 30 terdiri dari 9 orang, tahfidz juz 29 terdiri dari 8 orang, dan tahfidz juz 28 terdiri dari 4 orang.

Alhamdulillah acara khotaman dan imtihan metode ummi yang ke-5 kalinya ini dapat terselenggara dengan baik. Kami mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga kedepannya bisa lebih baik. Kami berharap semoga Allah SWT meridhai acara khataman dan Imtihan ini.

 

Pin It on Pinterest